Thursday, April 2, 2009

(khusus untuk kaum muslim) : Ridho Suami adalah Ridho Allah.

Ass.wr.wb.
Kebetulan kemarin ada pengajian dirumah teman...
Lalu topik yang kami bicarakan adalah bagaimana hukumnya wanita yang ditinggal suaminya bepergian.
Saya bukan pakar agama, jauh dari itu, tapi saya sebagai seorang istri, ingin juga tau apa saja kira2 batasan2 seorang istri dalam hukum Islam.

Ada kisah ketika jaman Nabi, ada seorang istri yang akan ditinggal oleh suaminya diberi pesan bahwa : jangan sesekali keluar rumah ketika saya tak dirumah.
Dan amanah suami itu bener2 dipenuhi oleh sang istri bahkan ketika ayah sang istri itu wafat, tetep sang istri tidak menjenguk keluarganya karena tetep memegang amanah suami.

Sebegitu keras emang hukum islam dalam memelihara para istri, dimana berlaku : ridho suami adalah ridho Allah.
Dan perginya istri keluar rumah harus seijin suami.
Tanpa ijin suami , maka murkalah Allah.
Jadi jangan sesekali kita meninggalkan rumah tanpa ijin suami, karena sepanjang jalan yang kita tempuh adalah perjalanan yang tanpa ridho Allah.

Hukum yang keras juga berlaku bagi para wanita yang sedang ditinggal oleh suaminya untuk mencari nafkah ditempat yang jauh.
Ada firman yang mengatakan, wanita yang bisa menjaga "marwah"nya adalah syurga ganjarannya.
Dan wanita yang selama ditinggal oleh suaminya kemudian berlaku curang maka nerakalah ganjarannya.

Emang kalau difikir betapa nistanya seorang wanita yang hidupnya dinafkahi oleh sang suami kemudian ketika suaminya pergi ke kantor sang istri dating dengan lelaki lain terlebih suami orang.
Pertama dalam hukum Islam sang istri sudah melakukan dosa karena menjalin hubungan dengan laki2 yang bukan muhrimnya.
Yang kedua adalah dosa karena menjalin hubungan dengan seorang laki2 yang adalah suami orang lain, yang mungkin istri dan anaknya menunggu dirumah kedatangan si ayah. Tidakkah terfikir betapa malangnya nasib istrinya karena ulahnya ?
Yang ketiga : memasukkan lelaki yang bukan muhrim kedalam rumah.
Dan pasti Allah murka karena sang istri sudah melanggar hukum Allah.

Dari cerita diatas itu saya jadi inget jaman kami tinggal di Bontang. Dimana kadang dirumah hanya saya dan Bamby sedang pembantu gak ada yang nginap dirumah.
Kalau ada family datang, terutama dari pihak suami, saya sangat gak berkenan mereka menginap dirumah, okehlah mereka sodara suami tapi tetep bukan muhrim saya, dan ketika mereka dirumah suami gak ada...
Bisa2 saya terkena hukuman : memasukkan lelaki yang bukan muhrimnya kedalam rumah, gawat banget kan ?

Urusan lain lagi, saya emang selalu pamit kepada suami kalau mau pergi dan tanpa si masku setuju gak bakal saya pergi.
Bahkan dalam situasi "gawat"pun kalau suami gak kasih ijin, gak bakal saya pergi nekad, takut Allah gak ridho dengan perjalanan saya, lalu saya kena tulahnya.

Apalagi kalau perginya hanya buat seneng2 , kopdaran/ketemuan teman2...
Pernah ketika saya pulang ke Indo untuk reunian dengan teman2 smp saya, saat itu entah kenapa sangat didukung oleh suami, dan ridho banget saya pergi maka saya juga santai banget bisa ketemuan teman2 smp saya di bandung.
Sebetulnya saat itu bila suami gak ridho bisa masuk akal juga karena  beneran ketemuan dengan lawan jenis yang bukan muhrim.
Kalau pihak suami gak setuju, meski itu namanya reuni tetep ajah saya gak bisa pergi..
Apalagi kalau ternyata temen2 laki2 yang ada direuni ternyata istrinya gak redho buat ketemuan , tetep ajah reunian tsb tidak diridhoi oleh Allah...
Meski judule : walah temen smp masa seh ada apa2, kan cuman temen semasa kecil... *walau mungkiiin ajah ada juga yah ? heheheh*
Tapi tetep ajah namanya bukan muhrim saling bertemu dan gak ada ridho suami, bakalan jadi Haram hukumnya.
Sayang banget kan kalau ajang reuni yang harusnya ajang silaturahmi jadi haram hukumnya hanya karena gak ada ridho dari suami.

Bagaimana dengan ridho istri yang juga gak berkenan dengan hadirnya suami direuni ? *mungkin takut cinta lama bersemi kembali kaleee*
Nah ini yang saya masih bingung, adakah dalam Islam yang mengatur hal ini ?
Kalau ada yang tau , mohon saya diberi pencerahan....
Karena agak jarang saya baca bagaimana sebaliknya hukumnya.

Wassalam. 

51 comments:

  1. *nungguin jawaban dari pertanyaan mbak esther, karena pengen tau juga.. buat tambahan ilmu.. :-)*

    ReplyDelete
  2. saya beragama kristen, tapi yg selama ini saya ngalami dgn suami saya, tidak ada bedanya dg yg saya baca diatas: kalau suami tak berkenan, kita jangan pergi, karena dlm agama saya: kita masing2 harus dengar2an kepd masing2 spy HARMONI dlm rumah tangga TETAP terjaga sebaliknya kalau suami mau pergi, sang istri tak berkenan (lieve Esther is dit dezelfde als "diperbolehkan"?) suami pergi ke-erĂ¼nie, maka suami juga tak harus pergi. Jadi ini bukan berarti bhw saya menjawab utk pertanyaanmu diatas ini.Tapi berterus terang saya sudah baca Kuran, krn sangat interesant isinya, tapi krn saya hanya beragama kristen ,jadi saya menjawab menurut agama sendiri. Yg penting dlm agama Kristen suami adala Kepala dari keluarga, tapi dia juga hrs dengarkan permintaan istrinya, saling hormat-menghormati, spy hubungan antara mereka tetap penuh kasih dan saling pengertian.

    Sekian ceramahku, hehehehe.

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas ceramahnya bu... *kabuuur ah*
    tapi echt waar Sylvie, sebetulnya tanpa lihat ke agama tertentu pun, kita harus bisa tau, tepo seliro...
    kalau kita bisa tepo seliro rasanya aman dunia ini... iya kan ?
    weet je nog wat betekent tepo seliro is ?

    ReplyDelete
  4. berarti aku masih suka bandel nih, ngeyelan kalo gak boleh pergi, ngotot sampe dikasih ijin pergi hehe .. bandel yah mbak??

    ReplyDelete
  5. kita boleh ajah ajukan alasan...
    tapi kalau akhirnya suami gak ridho ya sudah...jangan ngotot pergi, kan kita malah dapet pahala.

    ReplyDelete
  6. hehe iyah bener mbak .. tapi untungnya suami ku baek .. jadi pasti selalu keluar ijin nya hihihi (ato dengan kata lain istri nya tukang paksa hahaha)

    ReplyDelete
  7. *menyimak penuh atensi...=) ikut belajar disini boleh ya bunda Esther*...=) ..waktu awal-awal kita nikah, si TB suka bingung kalau dipamiti/minta ijin hehe...selain sudah biasa mandiri juga (bingung dipamitin..katanya lha yang mau pergi/ngejalaninn situ koq ijin ke aku emang aku bosmu? hehehe..dudul..(maklum dia juga masih mualaf relative baru sih waktu itu jadi belum "dong" banget gitu .(sekarang juga kita masih belajar dan harus lebih banyak belajar lagi)... dan aku juga suka sering lupa (kebiasaan mandiri)..hehehe..sekarang alhamdulillah kita both sudah mendingan...sudah bisa saling ingetin. Yang mbak Esther bilang bener tuh, lama-kelamaan kalau kita gak ijin/pasangan nggak ridho, kitanya juga jadi gak enak dan nggak enjoy ngejalaninnya..ya. Mirip kalau ndak ada ridho/restu ortu feelingnya sama gitu walau dalam level yang berbeda...eh lah koq curhat haha..wis ah maturnuwuuun.

    ReplyDelete
  8. sebetulnya, minta ijin suami bisa juga dijadikan sebagai alsan keamanan. kebayangkan, kita tinggal di negeri orang nggak ada saudara. kl kenapa-napa di jalan gimana? karena nggak bilang sama suami, suami nggak tahu kita ada dimana, nah terus mau gimana. jadi ada positifnya untuk saling memberitahu antara suami dan istri kemana kita pergi. biar aman dan jelas koordinatnya, he he he...

    ReplyDelete
  9. Halow Mbak Esther...
    Aq bukan ahlinya, tapi pingin ikutan. Dah lama gak ngobrol ma Mbak Esther...;)
    Kalau aq ngeliatnya gini Mbak:
    1. Isteri tanggung jawab suami, jadi istri wajib minta ijin suami. Kan dulu udah serah terima 'ma ortu kita, jadi kalau gadis dulu minta ijinnya ma ortu, skrg ma suami.

    2. Suami pengayom/pelindung istri, jadi suami wajib membahagiakan istri. Setahuku siy, secara langsung gak ada hukum suami minta ijin istri untuk bepergian. Karena suami bukan tanggung jawab istri.
    Tapi kalau suami tanpa pamit bahkan tanpa berita (minjem istilah Mbak Ria, gak ketauan kordinatnya), wah kalau aq istrinya ya jadi gak bahagia deh... Trus kalau suami ngotot pergi walaupun istri gak rela, misalnya ke reunian gitu, waaks, mudah-mudahan didengar penderitaan istrinya, dan doa-doanya diijabah. Lha kalau suami emang udah niat mo main mata ama si masa lalu, (grrr awas yah...!), siap-siap aja dicatat Malaikat Atid...!

    CMIIW ya teman-teman...

    ReplyDelete
  10. bahkan untuk pergi mengajipun, kalo suami gag kasih ijin, kan yang didapat bukan pahala tapi dosa ya ? ...
    nha, kalo kondisinya dibalik, gag tau juga tuch ... hanya saja, kebetulan suamiku tipe yang dikit2 laporan ... jadi kemanapun dia melangkah InsyaAlloh, saya selalu dikasih tau ... :)

    ReplyDelete
  11. yg saya tau Mba... Suami akan diminta petanggung jawaban atas istrinya , sedangkan istri tidak akan ditanya ( pertangung jawaban )atas suminya... jadi untuk suami tidak diwajibkan untuk minta ijin ke istri , cuma ya kitanya aja pengen suami kalo ada apa-apa bilang ke kita hehheheh

    ReplyDelete
  12. bunda,saya memang bkn muslim,hanya saja ortu saya muslim,jd setidaknya "sedikit tau" dlm agama saya pun suami adlh otoritas "perpanjangan tgn Tuhan" jd istri hrs tunduk pd otoritas suami,kalo mo kluar rmh ya hrs ijin,pergi kmana,ama siapa..bukan karena dikengkang tp biar suami tau kita berada dimana,dan kita pergi pun kalo suami tau hati rasanya tenang. Saya sering ditinggal suami keluar kota krn emang pekerjaannya menuntut seperti itu,tp biarpun begitu tetap saya ijin,sms or tlpn,tkt kalo ga omong,hati bawaannya deg2an....menurutku tidak muslim,tidak agama apapun seharusnya memang seperti itu....mengenai halnya suami,mmg tidak disebutkan suami hrs ijin ke istri,tp khan dikatakan hai suami sayangilah istrimu (dlm nasrani) seperti engkau menyayagi dirimu sendiri,jd alangkah baiknya jika suami pun bertindak sama pd istri,memberitahu akan kmana,ama siapa...saya rasa kita sebagai istri juga mengerti seperti apa suami kita, enakkan kalo saling menghormati? kita jaga martabat suami,suami menjaga perasaan kita sebagai istri!

    ReplyDelete
  13. bukan muslim, tapi ikut menyimak dengan seksama. sependapat dengan Jeane, suami istri adalah sama kedudukannya di mata tuhan, sekalipun suami adalah pemimpin dalam rumah tangga, tapi istri juga tetap harus di hormati dan dihargai oleh si suami

    ReplyDelete
  14. yang penting kan akhirnya diijinkan, kalau kita berargumen dulu atau kasih alasan kan suami jadi ngerti kenapa kita butuh keluar rumah...

    ReplyDelete
  15. sebetulnya ijin meng ijin neh sama ajah kasusnya...
    maksudnya dulu lagi kita gadis kita minta ijin ortu setelah menikah yang pegang ijin ya suami...
    emang kalau biasa mandiri kita jadi gak terbiasa ijin2an tapi minimal kalau rikuh saling ijin ya bilang kalau mau kemana...
    soale kalau dilihat dari sudut pandang lain, kalau ada apa2 suami tau istrinya dimana...

    kan tragis banget ada cerita: ada kecelakaan gede suaminya anteng2 ajah lha dipikir istrinya dirumah ternyata ada dalam kecelakaan tsb....

    ya itulah gunanya minta ijin antara lain.

    ReplyDelete
  16. iya kalau mau diambil singkatnya dan rasionalnya emang begitu...
    Tulisan saya ini masih awal dari persoalan kemudian yang lebih mendalam...

    ReplyDelete
  17. Iya say most welcome, seneng saya malah kamu nongol neh, biar nambah bahan diskusi...

    Nah itu dia say, kalau suami yang baik tentunya akan tepo seliro dengan hati istrinya...
    kalau tadinya istrinya dilarang ketemuan ama para non muhrim tentunya dia juga berfikir kenapa dilarang istriku ketemuan ama laki2 tapi dirinya hura2 dengan non muhrim yang meski dibilang hanya temen sekolahnya tapi tetep non muhrim juga kan ?

    Biasanya yang suka ngotot gitu , mesti ada apa2nya... kalau ngga ngapa ngotot ?

    ReplyDelete
  18. katanya ustazah yang kemarin itu, kalau mengajipun suami gak kasih ijin , istri tetep harus nurut...tapiiii kemudian si suami urusannya sama Allah, kenapa dia gak kasih ijin istrinya buat berbuat pahala...
    alias yang dosa suaminya.
    nah gawat kalau begini sebetulnya .

    Kalau Suami yang baik tentunya laporan kemana dia berada say... bagus banget berarti emang dia masih lurus jalannya, kalau ada misalnya suami yang sok cuek sama istri, tapi istri dikekang istilahnya, nah sebetulnya apa tujuannya perlu dipertanyakan...

    ReplyDelete
  19. makanya kadang suami seenaknya ajah yah ketemuan ama non muhrim meski istrinya keberatan...
    welah piye yah ?

    ReplyDelete
  20. emang say kita suami istri saling menghormati dan saling menyayangi tapi kalau dalam urusan ijin suami emang punya hak...

    Soal hak suami terhadap istri emang gak semua muslim menjalankannya karena emang dianggap gak terlalu major, tapi ternyata setelah digali lagi tentang agama, ternyata hukumnya cukup berat makanya saya tuliskan disini, selain buat pengingat semua teman muslim juga buat saya biar gak lupa kalau kemana kita melangkah ijin suami kudu diutamakan karena itu adalah ridho Allah.

    begitu say....

    ReplyDelete
  21. Kalau di Islam rada beda say...
    gak sama.
    Kayaknya suami selain kepala rumah tangga juga punya hak yang gak dipunyai istri...
    Malah yang parah suami punya hak untuk kawin lagi sebanyak 4 kali, sedang istri kagak .... hiks.

    Istri yang nyeleweng lebih berat hukumnya dibanding sebaliknya karena suami kan boleh menikah lagi sedang istri gak bisa poliandri,...
    Makanya heran kalau ada wanita bersuami yang main mata ama suami orang, karena jelas hukumnya, yang dosa paling berat adalah si wanita...
    buat orang muslim lho, hukumnya emang begitu...

    ReplyDelete
  22. mbak, kalau dalam rumah tangga kami yang seumur jangung ini (hehehe), kami coba menerapkan yang namanya komunikasi. soal ijin juga berlaku untuk berdua. misalnya, saya selalu pamit suami kalau mau keluar. dia juga akan pamit ke saya kalau ada undangan ngumpul tanpa saya. dan kalau pihak yg ditanya ga demen, ya ga pergi juga. and that's fine. tapi kadang juga mesti timbang rasa. misalnya pernah diajakin karaokean sama teman2 cewek yang mulainya malem banget dan kelarnya minimal jam 1 pagi. nyampe rumah bakal lama banget karena nungguin kereta terakhir, dsb. ladies only. yah, meski suami ngebolehin (dengan berat hati karena khawatir). lebih baik saya nggak ikutan pergi aja.

    ReplyDelete
  23. Sebenarnya ketemuan dg yg bukan muhrim itu hukumnya tdk sah/haram, ini berlaku untuk pria/wanita, baik itu yg sudah berkeluarga atau bukan. Tapi tentunya ada perkecualian, kalau kita ditemani oleh mahram (suami,anak laki2, bapak, mertua laki2, kakek, saudara laki2), maka pertemuan silaturahmi tidak ada salahnya. Ini menurut hukum islam konservatif. Tapi ada yg berpendapat, mengikuti ajaran islan dg baik dan benar itu bukan masalah konservatif atau modern, krn ajaran islan itu ya cuma satu. Either follow it properly or not, semua itu kembali kepada kita sendiri.
    Nah, krn islam ini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, yg namanya tafsir itu jadi beragam, menyesuaikan dg culture setempat. Menyebabkan salah kaprah dlm prakteknya.
    Saya sendiri dibesarkan dg culture islam indonesia yg lebih 'moderate'....dan sekarang harus mau tidak mau mengikuti ajaran konservatif. Jujur saya mengalami banyak dilemma, krn itu berarti sayua harus mengorbankan banyak hal. Terutama yg ada hubungannya dg masalah pergaulan. Baik itu dg teman lama/tetangga bakhan family sendiri.
    Kesannya kok sekarang jadi berubah sekali...sombong...dsb...saya sebisa mungkin berusaha juga untuk menjelaskan, kenapa begini & kenapa begitu...dan kenapa saya sudah tdk mungkin lagi 'seperti yg dulu'

    Krn di indonesia tafsir quran & hadis itu macam2, ditambah lagi culture yg berbeda, jadi seringkali kita bingung. Tapi ya semua itu kembali pada keyakinan kita masing2


    Coba aja buka disni biar jelas : http://www.islamqa.com/en/ref/1200

    ReplyDelete
  24. wah klo gitu sepertinya malah hukum islam sangat mendiskreditkan wanita , sedangkan yang saya tahu islam tidak seperti itu... prisip keadilan bg seluruh umat akan menjadi tidak visible dong.

    Yang saya soroti disini, seorang istri adalah tanggung jawab seorang suami, dengan suami berhak melarang istri untuk kebaikannya itu kan secara logis malah sangat2 melindungi/menguntungkan kaum wanita. Jika sang istri selingkuh atau membangkang terhadap suami, maka dosa suami akan berkali lipat dari dosa istrinya, kenapa? yang pertama sang suami sudah membuat istrinya berbuat dosa dan yang kedua sudah tidak mampu menjalankan kewajiban dan fungsinya sebagai kepala keluarga.

    Sebaliknya jika dikatakan istri tidak memiliki hak untuk melarang suami, maka jika suami seleweng lirik2 cewek tanpa sepengathuan istrinya yang jelas yang dosa si suami sedangkan istri yang tidak tahu apa2 tidak akan terkena dosa karenanya. Soalnya yang namanya penghianatan sudah pasti dilarang oleh islam. Apalagi dalam hal ini suami sudah melakukan hal yang tidak senonoh dg bukan muhrimnya, dah jelas islam jg dah bilang bahwa itu adalah dosa, bergaul kelewat batas dg non muhrim.

    Jikalau sampai sang istri dipoligami oleh suaminya kita tilik aja seberapa jauh niatan suami untuk berpoligami, apakah memang hanya untuk melampiaskan nafsunya dg menikahi wanita yang lebih muda dan bahenol lantas menelantarkan istri tuanya ataukah memang ada tujuan kemanusiaannya seperti yang dilakukan oleh nabi. Karena Nabi berpoligami ada maksud tertentu dan yang jelas bukan untuk melampiaskan hawa nafus belaka. Disini yang bisa menilai seseorang berpoligami memperoleh pahala sunat atau malah dosa adalah Allah yang maha tahu, karena hanya Allah yang mengetahui isi hati setiap manusia.

    Suami sebagai seorang peimimpin memiliki beban dipundaknya. Seperti yang sudah kita ketahui tentunya bahwaTugas pemimpin itu berat, jangan kan secara vertikal (antara manusia dan Tuhannya) secara horizontalpun (sesama manusia) jika semena2 akan fatal akibatnya, contoh kasus mantan presiden kita pak suharto, lihat sekrang tanggapan masyarakat terhadap beliau seperti apa stlh buat indonesia kopong selama masa jabatan beliau.

    Disini saya hanya ingin menyampaikan carapandang yg berbeda mengenai hukum islam. Bahwa tidak selamanya dosa terberat itu ditanggung oleh wanita. Wallahuallam bishahab hanya Tuhan yang tahu.
    Orang bisa saja bilang, klo hukum islam itu tidak adil, sangat berat diterapkan atau terlalu kejam dan tidak berprikemanusiaan (sprti hukum qisas), hal itu terjadi jika ditilik dari satu sudut pandang saja, tp jika ditilik dr sudut lain kadang baru kita sadari bahwa sebenernya hukum islam tersebut adalah untuk kebaikan umatnya sendiri.

    Selain itu Masalah dosa atau tidak dosa sebenernya, itu adalah urusan Tuhan yang maha tahu, kita manusia hanya dianjurkan untuk mengikuti aturan tersebut, karena yang maha lebih tahu akibatnya (lebih baik atau tidak lebih baik atau malah jelek akibatnya nanti) adalah sang Pencipta.

    ReplyDelete
  25. iya emang bagusnya kita bicarakan ama suami secara terbuka yah ?
    agar semuanya aman dan damai.... good say...

    ReplyDelete
  26. iya emang say terjemahan nya bisa beda2 banget....
    ada yang moderat ada juga yang garis keras...
    nah sekarang emang kita mau dimana ? soale siapa yang tau pasti mana yang betul ? karena kalau ditanya pasti semua menjawab alirannya yang terbenar...

    ReplyDelete
  27. karena itu saya ingin tau dalilnya yang shohih....
    kalau ada yang bisa tunjukkan di Qur'an ditulis seperti apa , nah itu yang menjawab pertanyaan saya...

    soal visi manusia beda2, soal poligami ajah beda2 baik dari sudut pandang laki2 maupun wanita...
    bahkan sekarang yang lagi in adalah mengikuti sunnah rassul kalau poligami..
    nah lho...

    ReplyDelete
  28. kalau untuk urusan bercampur baur baik wanita maupun pria, sepemahaman saya hukumnya sama mbak. jadi mau dia suami mau istri tetap aja tidak boleh becampur baur dg yg bukan mukhrimnya. misalnya reuni terus karaoekan bareng, tetap aja ada aturannya. kan ada juga kan aturannya laki2 menundukkan pandangannya. maaf yaa mbak kalau bahasanya nggak bagus. Itu yg saya tahu dan pahami yaa mbak.

    ReplyDelete
  29. iya sebetulnya say...
    hanya itu dia saya pengen cari dalilnya yang menyatakan itu dalam Qur'an, dimana tepatnya...
    biasa deh saya demen kalau udah baca sendiri.
    makasih yah.

    ReplyDelete
  30. mbak kalau yg tentang menjaga pandangan ada di surat Quran 24 ayat 30-31 mbak. kalau yg tentang bercampur baur banyak sekali dalilnya.

    ReplyDelete
  31. maaf mbak, saya tadinya hanya mengomentari perkataan mbak ester yg itu, tidak mengomentari artikel yg mbak ester tulis. Takutnya ada yg salah memahami maksudnya, seperti saya, meskipun mungkin mbak ester bukan bermaksud seperti itu. Maklum bahasa tulisan memang sering memberi ekspresi yg salah.

    klo tidak salah pertanyaannya mengenai ada tidaknya haditz yang menyatakan bahwa suami itu harus minta ijin istri jika keluar rumah betul begitu yah atau keridoan istri terhadap kegiatan yg dilakukan suami?

    Kalau pertanyaan nya seperti itu sayang sekali, saya tidak bisa menjawabnya dengan dalil yang bentuknya langsung seperti larangan untuk para suami. Barusan saja saya sudah tanya teman pengajian. Sepertinya tidak ada dalil/Ayat yang langsung menegaskan seperti itu.

    Sepengetahuan saya...Peraturan2 itu kan memang ada yang jelas tersurat dan ada juga yang tersembunyi, yang membutuhkan pemikiran lebih lanjut.

    Sejauh pengetahuan saya, sebagai suami pun ada adabnya. Beberapa dalil yang tidak secara langsung menjelaskan 'otoritas' istri thd suami, bs dilihat dipenjelasan brkt (sejauh yg saya tahu).

    Istri sudah tentu bisa melarang suami jika istri tahu bahwa apa yang akan dikerjakan suami melanggar ketentuan agama, karena dalam berumahtangga sudah jelas:

    "Hendaknya saling menasehati dalam kebaikan." (Muttafaqun Alaih)

    “Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya.” (QS Al-Baqarah : 228)
    Kelebihan itu adalah Qiwamah (pemeliharaan dan perlindungan). Jadi itu adalah perbedaaan peranan antara suami dan istri. Makanya suami bisa melarang istri bebpergian jika dia merasa itu tidak aman bagi sang istri/membahayakan (misalnya). Selebihnya hak dan kewajiban adalah seimbang.

    Selain itu:
    "Istri wajib mentaati suaminya selama bukan kemaksiatan." (An-Nisa': 39).
    Jadi klo dalam hal kemaksiatan sudah menjadi tidak wajib bagi istri untuk mentaati suaminya (malah sudah dilarang mentaatinya).


    Berdasarkan alqur'an:
    "Suami wajib berlaku adil dan bijaksana terhadap istri." (An-Nisa': 3)
    Jadi secara tersirat dijelaskan, jika ada ketidak adilan, istri boleh protes mengungkapkan ketidaksenangannya.


    "Suami wajib memberi makan istrinya apa yang ia makan, memberinya pakaian, tidak memukul wajahnya, tidak menghinanya, dan tidak berpisah ranjang kecuali dalam rumah sendiri." (Abu Dawud).


    Dari dalil2 tersbut, sebagai contoh kasus, jika suami mbak ester melarang mbak keluar rumah untuk bertemu dengan non muhrim, maka mbak ester juga boleh melarang suami untuk hal yang sebaliknya.. karena dalam hal ini sudah jelas harus saling menasehati dalam kebaikan dan menghindari kemaksiatan. Hanya saja peraturan tersebut tidak secara nyata tertulis.


    Masih banyak lagi adab suami terhadap istri secara jelas di Alqur'an dan juga alhaditz... mbak, tinggal browsing aja di internet.

    Demikian yang saya tahu, saya sendiri sedang belajar islam, blm tahu banyak Saya mohon maaf jika ada penulisan yg kurang berkenan, dan juga mohon maaf jika cara penyampaian saya kurang begitu baik.

    ReplyDelete
  32. kalau yang seperti kamu tulis itu emang bener adanya say...
    saya juga setuju hanya pada prakteknya apakah seindah yang ditulis ?
    hukum kadang dipermainkan hanya untuk kepentingan gender tertentu , iya kan ? seperti sekarang banyak yang mengaku mempunyai istri lebih dari 1 adalah sunnah Rassul...
    repot kan ?

    Alhamdulillah sejauh ini suami yang menikahi saya 25 tahun lalu masih berlaku seperti awal kami menikah, buat saya gak ada problem dalam hal ini tapi saya prihatin terhadap sekeliling saya...
    Bukan karena suami perlakuannya baik terhadap saya lalu saya tutup mata bahwa disekeliling saya ada yang menderita ...bukan.
    Saya justru makin membuka mata terhadap teman2 yang butuh poencerahan...
    maka saya tulis masalah ini....

    Alhamdulillah ke reuni saya boleh datang, masku ke reuni saya malah disuruh nganter, walau nongol sebentar tapi masku minta aku tau siapa2 temannya...
    Email atau sms dari teman wanitanya selagi sekolah dulu selalu dilaporkan pada saya padahal saya kalau emailan ama temen2 smp saya di milis hampir gak dilaporkan karena saya sendiri tau batas... alhamdulillah dalam 25 tahun berumah tangga , gak sekalipun saya melanggar batasan yang diberikan suami terhadap saya maka saya diberikan kepercayaan yang besar oleh suami yang saya jungjung tinggi....alhamdulillah.

    Tapi kalau pergi pamit dan tanpa ijin suami tetep ajah saya gak pernah melanggarnya walau sekalipun, alhamdulillah juga 25 tahun lho say....

    Karena itu saya jadi prihatin kalau ada sekeliling saya yang tidak seperti itu...
    Makanya saya ngotot minta dalilnya agar mudah memberi tau yang tidak sejalan untuk sadar dan mengerti bahwa dalilnya itu ada..

    Makasih sekali lagi masukannya. semoga Allah senantiasa membukakan pintu maaf dan ampunannya bagi kita semua. amien.
    wass.

    ReplyDelete
  33. Seneng ikut membaca diskusi diatas mbak...
    saya jadi banyak menambah ilmu...
    Alhamdulillah selama ini suami saya ( setelah menikah mei besok 14 tahun ) tidak pernah membatasi gerak saya dalam artian kalau kegiatannya diluar bermanfaat selalu diijinkan....
    bahkan sebelumnya suami yang seneng tenis mbak.....saya didorong2 untuk tenis dengan les....kalaupun sekarang ada pertandingan tenis kemana mana dia dengan senang hati mengantar mbak....
    Dan alhamdulillah suami saya juga selalu cerita kegiatan yang dilakukan selama tidak bersama saya......

    ReplyDelete
  34. kayak golf , si mbah demen golf tapi saya engga karena panassnya bontang gak tahan akhirnya si mbah berenti golf , olah raga nembak aku demen si mbah engga ya saya juga berenti...
    sekarang ya yang demen dilakukan berdua ya kemping... hehehehe


    eh kamu menikahnya tanggal berapa soale kami juga mei tapi tanggal 27.

    ReplyDelete
  35. kami menikah tanggal 6 Mei 1995 .....

    ReplyDelete
  36. wah sayang gak deketan kalau engga kita rayain bareng2 hahahahhaha

    ReplyDelete
  37. duwww... kesentil nih kuping ayee.... hehehehe.....
    makasi udah ngingetin bude...

    ReplyDelete
  38. hahaha masih ada hari esok buat menyempurnakan lagi kok say...

    ReplyDelete
  39. SETUJU Bunda!! Kemarin pernah lagi bete ama suami tapi mau pergi bareng teman2. Karena ingat pernah baca tulisan Bunda yg selalu pamit ama Mbah (waktu Bunda naik bus ke kantor pos) jadi ya teteup deh aku pamit/bilang mau pergi. Pdhl kalo ngga bilang juga dia ngga tahu juga, cuma ya hati jadi ngga enak, hehehe....
    Oh ya, saya ngga tau hukumnya dlm Islam gimana. Tapi menurut saya, kalo emang niatnya baik ketemu teman2 lama mestinya ngga ada masalah ya? Kecuali kalo emang ada niatan tertentu, spt semoga cinta lama bersemi kembali, hehehe...nah itu baru bisa dimaklumi kalo sang istri tidak ridho (berkaca dari pengalaman pribadi Bun :p).

    ReplyDelete
  40. iya say biasanya yang pake ngotot itu ada unsur x dibelakangnya...
    kenapa kok gitu ajah pake ngotot ?
    kalau gak ada apa2nya pan bisa dijelaskan dengan baik harusnya, kalau gak trima juga ya sudah itu emang rejeki kita , iya kan ?

    ReplyDelete
  41. Iya benerrrr Mbak... kalau ngotot berarti...

    ReplyDelete
  42. minimal pengen mejeng ama temen2... kalau engga ada niat lain gak boleh juga gpp... heheheheh

    ReplyDelete
  43. BUnda, saya ini masih cetek banget ilmu agamanya, blm berani komen macem2, tp makasih ya udah sharing karena dgn begitu saya dpt ilmu br lagi :)

    ReplyDelete
  44. sama sama say buat pengingat siapa ajah termasuk saya kok...

    ReplyDelete
  45. assalamualaikum...bunda esther,apa kabar?
    wah..makasih bgt nih sharingnya bun...,alhamdulilah saya juga kalo kemana2 slalu dgn ijin suami,walau hanya kerumah tetangga sebelah.kalo hukum sebaliknya saya juga belum pernah tanya 2 bun.
    yang ada selalu pihak wanita yg di kalahkan.
    seperti wkt saya ikut pengajian kemarin,ada ibu2 yg nanya bagaimana nasib wanita mandul menurut islam...,jawabannya kalo menurut saya sgt menyakitkan sekali bagi kaum wanita,karena ustadnya bilang tinggalkanlah /ceraikan istri yg mandul dan cari lagi istri yg tdk mandul.karena menurutnya tujuan menikah adalah meneruskan dakwah dengan cara memberi keturunan.
    nah kalo laki2 yg mandul bagaimana?he...he...he...
    ga mungkin kan kalo istrinya suruh nikah lagi???bisa merana dia....ha...ha....

    ok bun semoga bunda sekeluarga sehat selalu yach...

    ReplyDelete
  46. ha itu betul... pernah saya tanya juga dengan ustazdnya...
    dibilang kalau ibu bersabar menerima suami yang mandul syurga ganjarannya...
    tapi kalau sebaliknya istri mandul suami kawin lagi ibu sabar juga maka syurga ganjarannya...

    emang syurga seh tapi kalau boleh jangan dapet syurga dengan cara itu kan ? hiks banget....naseb wanita emang say sulit..
    jaman itu wanita emang gak ada harganya istilahnya...
    tapi sekarang harusnya emang gak begitu seenaknya ajah, apalagi kalau Qur"an bener2 ditelaah harusnya emang gak gitu2 amat seh..

    hanya sayangnya pemuka agama kan wanitanya masih sedikit jadi hak2 wanita juga belum tergali dengan baik dan benar..

    Makasih banyak ya diskusinya, beneran menarik banget....
    Salam sayang dari AD.

    ReplyDelete
  47. jadi ikut belajar dari tulisan mba Esther n reply teman2..
    makasih ya mba..semoga liburan di Indonesia membahagiakan

    ReplyDelete
  48. makasih say, baru ajah semalam kembali dari Indo...

    ReplyDelete
  49. Saya pria mencari wanita mandul untuk saya obati dan saya nikahi, banyak cara agar bisa hamil, penyebab kemandulan dan doa-doa agar bisa hamil yang saya post di blog saya, terimakasih

    ReplyDelete